Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget Atas Posting

Apa Yang Harus Kita Perhatikan Saat Membeli Komputer?

Apa Yang Harus Kita Perhatikan Saat Membeli Komputer?

IMTekno, Apa Yang Harus Kita Perhatikan Saat Membeli Komputer? - Jika Sobat berencana untuk membeli komputer segera, Sobat akan melihat bahwa ada banyak pilihan dan model di depan Sobat setelah penelitian singkat. Memiliki banyak pilihan dengan harga yang bervariasi dan fitur perangkat keras membuat Sobat sulit untuk memilih di bidang komputer. Kami akan mencoba sedikit membantu Sobat sambil berbicara tentang apa yang harus Sobat perhatikan saat membeli komputer.

Tentukan Komputer Sobat Sendiri Terlebih Dahulu!

Sebelum membahas spesifikasi teknis, desain, fitur layar, bahan yang digunakan, dan detail lainnya, Sobat perlu menentukan komputer Sobat sendiri. Mari kita mulai dengan saran kami tentang ini.

Pertama, tentukan tujuan Sobat. Untuk apa Sobat akan menggunakan komputer ini?

Penting untuk memulai dengan menjawab pertanyaan ini. Jika Sobat ingin komputer untuk bermain game, Sobat perlu menentukan fitur komputer yang sesuai dan membuat pilihan yang sesuai.

Tentukan Komputer Sobat Sendiri Terlebih Dahulu!
Tentukan Komputer Sesuai Kebutuhan (sumber gambar : pixabay)

Sekali lagi, jika Sobat akan memilih untuk penggunaan umum, semua fitur teknis harus diatur sesuai dengan itu. Mari kita juga berbicara tentang bagaimana memilih genre yang mana.

  • Untuk Model Berorientasi Permainan: Penting untuk memilih seri dengan kartu grafis dan prosesor yang kuat.
  • Berorientasi Penggunaan Umum: Penting untuk memperhatikan jumlah prosesor dan memori RAM. Masa pakai baterai penting.
  • Berorientasi Bisnis: Jika ada situasi seperti menggambar dan rendering, model dengan kartu grafis yang kuat, prosesor dan RAM harus dibeli.

Jika Sobat mau, mari kita bicara tentang pilihan fitur teknis untuk hal-hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli komputer. Selain itu, sobat juga perlu mengetahui cara menemukan malware di komputer

Pemilihan Prosesor Sangat Penting

Mari kita mulai dengan pemilihan prosesor, yang dapat kita tunjukkan sebagai otak komputer. Pilihan prosesor Sobat secara langsung akan mempengaruhi penggunaan. Sobat akan mendapatkan garis berdasarkan kinerja model prosesor yang Sobat tentukan.

Pemilihan Prosesor Sangat Penting
Pemilihan Prosesor Yang Tepat

Jika Sobat mencari komputer untuk penggunaan sehari-hari, seri dengan prosesor dual-core, kebanyakan model Intel, akan berhasil. Tapi ada banyak poin penting disini. Prosesor dan model mana yang Sobat pilih sangat penting. Mari kita bagikan detailnya sekarang.

Saat memilih seri, Sobat harus terlebih dahulu melihat klasifikasinya. Berbicara untuk Intel dan AMD;

  • Untuk Intel : Celeron - model entri yang berhasil untuk pemrosesan tingkat rendah, Pentium-Ideal untuk penggunaan umum tingkat menengah, prosesor berorientasi kinerja tinggi Core.
  • Untuk AMD: Sempron - prosesor entry-level low-end, Athlon - model prosesor mid-range, Phenom - prosesor berorientasi performa high-end.

Prosesor Generasi Berikutnya

Perbedaan ini perlu dilihat dalam pemilihan kelas satu. Selain itu, bagian lain yang akan Sobat perhatikan adalah generasi prosesor. Setiap generasi baru hadir dengan teknologi dan arsitektur baru. Pembaruan dalam teknologi manufaktur memungkinkan prosesor yang lebih cepat dan hemat energi. 

Untuk memberikan contoh dari Intel, katakanlah kita menemukan prosesor Intel Core i7  6750U. Di sini, bagian setelah episode i7 mengacu pada generasi. Saat ini kita mulai melihat prosesor generasi ke-9 untuk Intel. Generasi ke-8 mulai mengambil tempatnya di komputer paling canggih.

Pemilhan Porsesor Generasi Terbaru
Prosesor Generasi Berikutnya

Saat memilih generasi, berhati-hatilah dalam memilih generasi baru. Untuk saat ini, model dengan prosesor generasi ke-7 dan ke-8 akan menawarkan kinerja yang ideal. Mari kita ke intinya. Mari kita beri contoh via Intel lagi. Model Core seri performa tinggi memiliki pilihan i3 / i5 dan i7. Tentu saja prosesor i7 adalah seri paling bertenaga. Namun, seperti yang kami katakan di sini, generasi itu penting.

Prosesor i5 generasi ke-7 dapat bekerja jauh lebih baik daripada prosesor i7 generasi ke-3. Dengan kata lain, generasi harus baru dan i7 atau i5 harus lebih disukai untuk performa tinggi. Di sini kita menemukan konsep inti. Prosesor i7 muncul sebagai 4 inti. Tetapi ini tidak berarti bahwa ia menawarkan 4 inti, 4 prosesor terpisah. Mari kita jelaskan kejadian ini segera.

Perhatikan GHz

Pertama, perlu membicarakan konsep GHz. GHz dilewatkan sebagai satuan ukuran dan digunakan untuk menentukan jumlah operasi yang dilakukan komputer per detik. 1 operasi yang dilakukan dalam 1 detik dianggap sebagai 1 hertz dan sesuai dengan 1.000.000.000 Hertz pada 1 GHz. Jadi jika Sobat memiliki prosesor 4 GHz, komputer Sobat memproses 4.000.000.000 transaksi per detik.

Status Inti

Mari kita ke intinya. Untuk komputer 4 inti, terdapat 1 prosesor, dan cara kerja 4. Salah jika dikatakan bahwa prosesor 4-core 4GHz memiliki 16 GHz. Faktanya, kecepatan pemrosesan data tetap sama, tetapi rutenya bervariasi dan diperoleh efisiensi 16 GHz. Mari kita jelaskan dengan 

Sebuah contoh.

  • Sobat membuka permainan. Game ini memproses data 1.5GHz di bagian kernel pertama.
  • Saat Sobat membuka browser internet Sobat, kernel ke-2 mulai bekerja dan memproses data 1 GHz.
  • Sistem operasi Windows masih memproses data 1 GHz dan terletak di kernel ke-3.
  • Misalnya, Sobat telah membuka dokumen Word dan ini memproses data 1 GHz pada inti ke-4.

Total pemrosesan data 4,5 GHz dilakukan. Prosesornya tidak melebihi 4 GHz dan tidak ada masalah. ada saat yang sama, ia melakukan kerja 4,5 GHz. Dengan kata lain, transaksi dilakukan dengan lancar tanpa melebihi nilai limit.

Terakhir, mari kita jelaskan konsep U, K, S yang kita lihat di prosesor Intel. Ekspresi pada model prosesor akhir ini juga sangat penting dalam hal pemilihan.

U: Ini termasuk dalam seri prosesor yang berfokus pada penggunaan sehari-hari dan dimaksudkan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

J: Kami sering melihatnya dalam model ultrabook yang ditujukan untuk meningkatkan masa pakai baterai.

H: Model dengan kinerja tinggi di komputer game.

S: Seri yang terlihat pada model desktop

K: Model yang tidak terkunci yang dapat di-overclock.

Ringkasan Pemilihan Prosesor

Setelah semua pernyataan ini, mari nyatakan bahwa Sobat harus membuat pilihan sesuai dengan area penggunaan. Jika Sobat benar-benar menginginkan kinerja tinggi, kami menyarankan Sobat untuk memilih model Intel Core i7 dan memilih prosesor generasi ke-7 atau ke-8.

Pemilihan Kartu Grafis

Poin lain yang sama pentingnya dengan prosesor adalah pilihan kartu grafis. Sobat tidak perlu memperhatikan terlalu banyak kartu grafis di komputer yang Sobat sukai untuk penggunaan umum (buka Word, akses internet, tonton video).  

Pemilihan Kartu Grafis
Pemilihan Kartu Grafis

Bahkan dalam model jenis ini, akan cukup menggunakan unit grafis yang disertakan dengan prosesor, bukan kartu grafis eksternal. Namun, bergantung pada tujuan penggunaan, perubahan pada bagian ini juga diperlukan.

Jika kita berbicara tentang komputer game, Sobat perlu tahu bahwa kartu grafisnya sangat kuat. Untuk ini, kami dapat mengatakan bahwa model kartu grafis yang paling disukai adalah kartu grafis Nvidia. Saat memilih kartu grafis, abaikan saja jumlah memori. Selain itu, perhatikan arsitektur dan nilai frekuensi operasi.

Saat mempertimbangkan untuk kartu grafis Nvidia, memilih seri GTX 9xx, seri GTX 10xx dan model RTX 20xx dengan kartu grafis yang diperbarui akan memastikan kinerja tinggi. Menggunakan seri ini di komputer yang akan digunakan untuk permainan dan menggambar akan memberi Sobat hasil yang di komputer yang akan digunakan untuk permainan dan menggambar akan memberi Sobat hasil yang sangat positif.

Preferensi Memori RAM

Bagian memori RAM merupakan bagian yang sedikit lebih fleksibel. Kami tidak berbicara tentang bagian penting seperti kartu grafis dan prosesor. Ini karena kita dapat mengubah memori RAM setelahnya. Umumnya, sebagian besar model komputer dapat memiliki memori RAM tambahan yang terpasang.

Preferensi Memori RAM
Preferensi Memori RAM

Tetapi Sobat perlu memperhatikan detail ini saat membeli dan memeriksa apakah computer mendukungnya atau tidak. Selain itu, mari kita tambahkan bahwa jumlah memori RAM tidak boleh berada di bawah level 4-6 GB secara umum. Tidak disarankan untuk menggunakan memori RAM di bawah 8 GB jika Sobat menginginkan komputer yang akan digunakan bukan untuk penggunaan umum, tetapi untuk menggambar dan bermain game

Ada satu hal lagi yang perlu diperhatikan di sini. Memilih seri DDR4 dalam teknologi memori RAM akan memberikan nilai plus yang signifikan. Sebagian besar model baru sudah menyertakan teknologi memori RAM DDR4, tetapi menganggap bagian ini sebagai kriteria penting.

Fitur Tampilan

Jika Sobat lebih suka membeli model laptop, ukuran yang Sobat inginkan di layar akan memengaruhi keseluruhan casing. Ukuran layar 15,6 inci bisa dibilang standatar untuk seri ini. Namun, kami melihat bahwa ini sangat sering digunakan pada layar 17,3 inci , terutama pada komputer seri game dan komputer stasiun kerja yang berorientasi pada gambar.

Fitur Tampilan
Fitur Tampilan

Dalam seri jenis ini, jangan jatuh dari nilai resolusi Full HD sebagai bagian dari resolusi. Model 17,3 inci sedikit lebih berat dan mungkin lebih besar, tetapi Sobat mendapatkan kualitas gambar yang ideal pada resolusi Full HD dan nilai resolusi yang lebih tinggi

Pemilihan Desain

Seperti biasa, bagian desain terserah pilihan pengguna. Mari kita bicarakan tentang saran kami di bagian ini. Khusus untuk model laptop, dapat dikatakan bahwa model dengan keyboard berlampu dan area touchpad yang lebar lebih menarik. 


Inilah poin - poin yang harus diperhatikan bagi kalian yang ingin membeli komputer. Sobat juga dapat berbagi ide dengan kami untuk saran model.

Posting Komentar untuk "Apa Yang Harus Kita Perhatikan Saat Membeli Komputer?"